Ciri – Ciri Ayam Aduan Yang Tangguh

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menandai ketangguhan seekor ayam aduan. Ketangguhan ayam aduan dapat dilihat dari cirri fisik dan keaktifannya bertindak. Selain itu, memilih ayam aduan yang tangguh dapat dilihat dari bentuk tubuh, warna bulu, ekor dan kepala.
Ciri fisik

  • Badan

Panjang, punggung sedikit melengkung, bulu tebal menutup badan rapat, kecil-kecil, mengkilat, sayap panjang, dengan helai besar-besar, diraba licin seperti berminyak, saling menumpang rapat, kulit tebal elastic, ruas antar tulang rapat, tulang dada lurus panjang. Bentuk leher serasi dengan panjang badan. Letak brutu (ekor) kalo bias diatas tulang belakang (tidak masalah brutu besar atau kecil), tulang sulbi (supitan) harus kaku (tidak masalah lebar sempitnya).

  • Kepala

Lonjong, dagu penuh, dilihat dari atas bentuknya lebar, tekstur pial (jengger) lembut kenyal, licin seperti berminyak, mata tajam, kelopak membuka lebar menutup sempurna pinggir mata.

  • Kaki

Ciri utama ayam aduan terletak pada kaki, ada ciri-ciri fisik secara garis besarnya, ada 2 tipe jenis kaki = bulat dan kotak (mbimbing). Banyak orang yang suka tipe kotak. Kaki bulat kebanyakan memiliki pukulan keras dan mematikan. Bila anda suka tipe petarung yang nakal, cari ayam dengan sisik jari tengah yang pecah kiri kanan. Ayam jenis ini selalu menyulitkan lawan dengan tekniknya.

Leave a Reply

*
Contact Person

Gonjak Farm

Telp :
087838507090 (Harto)
08156877575 (Heri)

Alamat :
Rejokusuman, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

E-Mail :
info@ayampetarungjogja.com

Pencarian